Ketahui 5 Hal Mengenai Kode Velg Mobil Sebelum Modifikasi Velg Mobil

Kode velg mobil perlu diketahui sebelum melakukan penggantian atau modifikasi pada velg. Ini karena modifikasi velg mobil tidak boleh sembarangan. Setiap mobil punya standar ukuran velg masing-masing dan ada batasan tertentu saat ingin melakukan mengubah ukuran velg.

kode velg mobil

5 hal yang perlu diketahui mengenai kode velg mobil

Setidaknya ada 5 hal mengenai velg mobil yang perlu diketahui saat ingin melakukan modifikasi velg mobil. Istilah-istilah inilah yang digambarkan oleh kode velg.

  1. Diameter Ring

Ring merupakan istilah yang paling sering digunakan. Mereka yang awam dengan kode velg mobil umumnya hanya mengetahui ukuran ring. Ring menunjukkan diameter velg. Seperti yang bisa dibaca di website ini, ukuran ring velg mobil bervariasi, mulai dari velg mobil ring 15, velg mobil 16, velg mobil ring 17, hingga velg mobil ring 22.

Ukuran ring velg mobil ditentukan dalam inci. Jadi, bila ukuran ring velg mobil Anda adalah R 15, berarti diameter velg tersebut adalah 15 inci.

  1. Lebar velg

Lebar velg biasanya dikombinasikan dengan ring. Sebagai contoh, kode velg mobil yang tertulis adalah 15X7, berarti ringnya berukuran 17 inci dan lebarnya 7 inci.

  1. PCD (Pitch Circle Diameter).

PCD merupakan jarak di antara lubang baut yang terdapat pada velg mobil. Antara satu lubang baut dengan yang lainnya memiliki jarak yang sama. Kode PCD dituliskan dengan angka yang menunjukkan jumlah lubah baut dan jarak antar lubang.

Sebagai contoh, kode 4×100 berarti velg mobil memiliki 4 lubang dengan jarak 100 milimeter di setiap lubang.

  1. Offset/et.

Saat kita mencermati bagian velg mobil, ada lekukan ke dalam di bagian tengahnya. Jarak antara bagian tengah (disebut juga dengan centerline) dengan permukaan velg inilah yang disebut dengan offset. Istilah lain yang juga digunakan untuk offset adalah Einpresstiefe (disingkat ‘et’, dari Bahasa Jerman).

Jika bagian tengah menjorok ke dalam tepat di tengah-tengah velg, ia disebut dengan zero offset, sebab jaraknya 0 milimeter. Bila ia menjorok keluar disebut dengan offset positif. Sebaliknya bila semakin menjorok ke dalam disebut dengan offset negatif.

Misal: kode offset pada velg mobil adalah +30. Berarti jarak centerline menjorok keluar sejauh 30 milimeter.

 

  1. Warna cat

Sekalipun tidak selalu dituliskan pada velg mobil, kode warna cat juga terkadang ditampilkan. Kode warna cat ini biasanya ditunjukkan dengan warna yang ditulis dalam Bahasa Inggris. Contoh: white polish, gunmetal, black, red, dan sebagainya. Kadangkala digunakan simbol huruf untuk menunjukkan warna. Misalnya, bila terdapat simbol S pada velg, berarti velg mobil berwarna perak (S = Silver).

Perlunya kode velg mobil saat ingin mengganti velg

Demikianlah ulasan 5 hal mengenai kode velg mobil. Ke-5 hal tersebut nantinya akan sangat berguna saat kita ingin mengetahui informasi mengenai sebuah velg. Lebih lanjut, informasi ini akan sangat membantu saat kita hendak mengganti dan memodifikasi velg.

Bila kita sudah mengetahui spesifikasi standar velg mobil milik kita, kita akan tahu berapa toleransi maksimal untuk mengubah spesifikasi tersebut. Dengan begitu, mobil akan tetap nyaman dan aman dikendarai, sekaligus memiliki tampilan yang ciamik.

baca juga: Kenapa mobil harus ganti velg?

Kepada siapa bertanya mengenai kode velg mobil?

Ada baiknya jika kita dapat membaca kode pada velg mobil. Dengan begitu kita akan lebih mudah menemukan velg yang sesuai dengan kebutuhan. Namun jika tidak bisa, bertanyalah pada orang-orang yang menguasai bidang ini. Bila Anda tidak menemukan orang-orang yang dapat ditanyai di sekitar Anda, jangan ragu hubungi kami. Silakan datang ke toko velg mobil kami atau hubungi melalui kontak yang tertera, dan kami akan membantu kebutuhan Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.